Rabu, 31 Oktober 2012

Pengertian dan Konsep Pemasaran Pengertian Pemasaran Untuk skian lama,pengertian pemasaran sering diartikan dengan penjualan. Pengrtian pemasaran sebenernya lebis lua dari kegiatan penjualan. Bahkan sebaliknya, penjualan adalag sebagian dari kegiatan pemasaran. Secara umum, pengertian pemasaran adalah : Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit ) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan. Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah : 1. Pemasar Pemasar adalah organisasi perusahaan atau perorangan yang mempunyyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Kapasitas pemasar satu dengan yang lain belum tentu sama. Pemasar dapat merupakan : I. Produsen ( umumnya berorientasi terhadap keuntungan ) II. Organisasi ( belum tentu berorientasi terhadap keuntungan ) III. Pemerintah ( berorientasi terhadap kesejahteraan umum ) 2. Barang dan Jasa Apapun bentuk sesuatu yang ditawarkan produsen untuk pemenuhan kebutuhan dan kegiatan konsumen. Barang dapat bersifat konkret, tidak konkret ( jasa ) atau kombinasinya. 3. Pasar Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa. 4. Proses Pertukaran Pertukatan adalah kegiatan dua pihak yang masing-masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk memenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing. LINGKUP PENGERTIAN PEMASARAN Pemasaran mikro- Eksternal Pengertian pemasaran sebenernya tidaklah netral. Kepentingan pihak-pihak yang terlibat didalam pemasaran mempengaruhi pengertiannya. Lingkup kegiatan pemasaran pada ini melibatkan antara kepentingan internal ( lingkup mikro perusahaan ) pemasar dengan pasar pada posisi eksternal perusahaan ( orientasi eksternal ). Pengertian pemasaran yang melibatkan lingkup mikro perusahaan dengan orientasi eksternal dapat dikelompokan sebagai pengertian pemasaran mikro- eksternal atau sering dikenal sebagai pemasaran eksternal. Pemasaran mikro – internal Untuk pencapaian tujuan organisasi pada lingkup mikro perusahaan, dukungan pihak internal (pemodal, pelaksana, dan pengelola ) sangat diperlukan. Mereka mempunyai kebutuhan- kebutuhan yang juga perlu dipenuhi. Pemasaran makro – eksternal Pemasaran makro adalah proses penyebaran dan pengembangan kualitas hidup masyarakat. Usaha-usaha untuk memperlancar arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen Dalam kenyatan,karate dan tujuan anatara masyarakat produsen dan masyarakat konsumen berbeda. Individual produsen cenderung berusaha untuk mengkhususkan pada kegian spesialis tertentu untuk persyaratan produktivitas. Sedang konsumen mempuunyai permintaan yang heterogen untuk kelangsungan hidupnya. Perbedaan ini menciptakan pemisahan dan kesejangan. Yaitu separasi dan diskrepansi spasial, waktu, kuantita, keragaman, nilai, informasi, serta kepemilikikan. Tujuan makro adalah untuk mengatasi berbagai separasi atau diskrepansi anatara produsen dan konsumen. Fungsi pemasaran universal Untuk melakukan pemasaran, pemasar perlu melakukan kegiatan-kegiatan fungsional. Fungsi-fungsi pemasaran tersebut adalah : Pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standardisasi, dan klasifikasi, pembukusan, penanggungan resiko, pendanaan, dan pengendalian informasi pemasaran ( misalnya periklanan ). Perkembangan konsep pemasaran Konsep produksi Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi ( internal ) bahwa konsumen hanya akan membelii produk-produk yang murah. Dengan demikian focus kegiatan perussahaan yang harus dilakukan adalah efisiensi biaya agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen. Konsep produk Adalah anggapan pemasar bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau penampilan baik. Dengan demikian tujuan bissnis perusahaan adalah pengendalian kualitas. Konsep penjualan Adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada tingkat penjualan ( internal ) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sebagai tujuan perusahaan. Dengan demikian focus kegiatan perusahaan adalah usaha0usaha maningkatkan cara-cara penjualan dan kegiatan promosi yang intensif agar mampu mempengaruhi, membujuk ( bahwa mungkin memaksa ) konsumen untuk membeli sehingga penjualan dapat meningkat. SUMBER :DASAR PEMASARAN (TEGUH BUDIARTO - UNIVERSITAS GUNADARMA )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar